Pengertian Domain Dan Hosting Untuk Pemula

Posted on

Apa Itu Domain Dan Hosting? Pertanyaan yang satu ini seringkali diungkapkan oleh para blogger pemula. Berkaitan dengan aktivitasnya yang dilakukan dalam dunia maya, tentu saja setiap halnya akan berhubungan dengan domain dan hosting iu sendiri. Karena itulah bagi anda yang belum mengetahui apa itu yang disebut dengan hosting atau pun domain, kali ini penulis akan bantu jelaskan pengertian dari keduanya dengan lebih mudah. Berikut penjelasannya :

Apa sih yang disebut domain?

Apa Itu Domain Dan Hosting

Domain adalah sebuah nama yang umumnya dibuat dengan pemilihan nama unik dan berguna dalam mengidentifikasi alamat server (IP address) dari komputer, seperti halnya email server atau bahkan web server yang terdapat dalam jaringan internet. Kehadiran domain tentunya memudahkan para pengguna internet dalam melakukan akses menuju server yang ditujunya. Tidak hanya itu saja, domain juga lebih memudahkan anda untuk mengingat server yang harus dikunjungi. Hal ini berkaitan dengan banyaknya jumlah deretan angka-angka dari IP address yang terdapat di dalamnya.

Domain juga dikenal dengan beberapa tingkatan level, yang diantaranya terdiri dari :

  1. Top Level Domain

Untuk deretan domain yang satu ini umumnya ditandai dengan kata belakang yang digunakan dalam nama domain yang dimilikinya, seperti :

  • com (dotcommercial)
  • org (dotorganization)
  • net (dotnetwork)
  • gov (dotgoverment)
  • edu (doteducation)
  • mil (dotmilitary)
  • info (dotinfo)

Dari beberapa contoh top level domain di bagian atas tadi, ia juga dibagi menjadi dua tipe berbeda diantaranya adalah Global Top Level Domain (gTLD) serta Country Code Top Level Domain (ccTLD). Perbedaan diantara keduanya terlihat melalui penggunannya, jika gTLD lebih ditunjukkan oleh beberapa nama domain seperti yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi. Sedangkan ccTLD justru diperuntukan bagi masing-masing negara, seperti Indonesia yang dikenal dengan kode ID (co.id, or.id, net.id, dll).

  1. Second Level Domain

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, domain yang satu ini adalah domain yang anda daftarkan, sebagai contoh jika anda mendaftarkan domainmu.com, maka domainmu adalah SLD sedangkan .comnya merupakan TLD.

  1. Third Level Domain

Untuk bagian yang satu ini dikenal sebagai nama yang digunakan setelah second level domain. Sebagai contoh jika anda menggunakan nama domainmu,com, maka anda pun dapat menambahkan nama lain sebelum kata domainmu.com tersebut, seperti halnya mail.domainmu.com atau bahkan estrex.domainmu.com.

Apa sih yang dimaksud dengan hosting?

Apa Itu Domain Dan Hosting

Jika pada bagian di atas tadi anda telah mendapatkan penjelasan singkat terkait domain, maka untuk penjelasan kali ini penulis akan uraikan mengenai hosting.

Hosting dikenal sebagai bagian space dari harddisk yang terdapat pada komputer server dan umumnya digunakan sebagai tempat penyimpanan database. file web, email, dan lain sebagainya. Hosting juga memiliki spesifikasi yang cukup banyak. Namun beberapa spesifikasi yang penting diantaranya adalah :

  • Bandwidth atau disebut sebagai besarnya ukuran kuota transfer untuk data/ bulan. Ukuran yang dimilikinya adalah Megabytes/ bulan, kemudian adapula Gigabytes/ bulan. Bandwidth juga akan direset setiap bulannya ke angka nol secara otomatis.

  • Space atau kapasitas hosting adalah besarnya ukuran data yang dapat anda smpan di dalam hosting tersebut. Ukurannya pun cukup beragam, seperti megabytes, gigabytes, serta terabytes.

  • Jumlah addon domain merupakan jumlah dari banyaknya domain lain yang dapat anda tambahkan menuju bagian hosting.

  • Jumlah database digunakan untuk menentukan banyaknya jumlah database yang dapat anda buat atau pun taruh di hostingan tersebut.

  • Jumlah akun email adalah jumlah keseluruhan dari akun email yang dapat anda buat.

Demikianlah kiranya penjelasan singka yang dapat penulis jelaskan terkait pertanyaan Apa Itu Domain Dan Hosting di bagian atas tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *