Cara Mudah Membuat Kode Latex Dengan Daum Equation Editor

Posted on

Selama ini ada 2 metode penulisan rumus untuk web yang populer, yaitu dengan Latex dan MathML, dan diantara keduanya Latex lebih sering digunakan karena kompabilitasnya lebih baik, dalam artian bisa dibuka di browser manapun, berbeda dengan MathML yang yang maish baru dan kini baru bisa digunakan di Mozilla Firefox saja.

Bagi yang kesulitan menggunakan kode Latex, ada banyak tools yang bisa membantu anda membuat rumus secara visual kemudian mengkonversinya ke dalam bentuk kode Latex, salah satunya adalah Daum Equation Editor.

Daum Equation Editor adalah sebuah aplikasi Google Chrome, yang pilihan toolsnya terbilang cukup lengkap dan mudah digunakan. Kita hanya perlu membuat sebuah rumusan pada layar visual nanti kode latex akan otomatis dibuat di bawahnya. Sebaliknya kita juga bisa menulis kode latex untuk kemudian diubah menjadi rumusan secara otomatis.

Kelebihan aplikasi ini adalah dia mampu bekerja secara offline sehingga ketika tidak ada koneksi internet pun, kita masih bisa menggunakannya. Sayangnya, kode Latex dari Daum Equation Editor juga disertai dengan spasi, sedangkan beberapa aplikasi seperti Plugin Jetpack untuk WordPress mengharuskan agar tidak ada spasi pada kode Latex, sehingga ketika kodenya disalin, hasilnya bisa error. Untuk mengatasi masalah itu tinggal hapus saja spasi-spasi yang ada pada kode Latex yang dihasilkan.

Bagi anda yang tertarik mencoba Daum Equation Editor, silahkan kunjungi Chrome WebStore, kemudian pasang aplikasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *