Cek Domain Tersedia
Cek Domain Tersedia

Cek Domain Tersedia Untuk Membuat Website Yang Anti Mainstream

Posted on

Cek domain tersedia menjadi langkah awal sebelum membuat website. Selain hosting, domain menjadi salah satu yang penting untuk disiapkan untuk membuat website. Mengecek ketersediaan domain menghindari Anda untuk membuat nama website yang sudah digunakan oleh orang lain. Selain itu, mengecek ketersediaan domain juga dapat membuat nama website Anda lain dari pada yang lain. Nah, bagaimana caranya? Simak cara cek domain tersedia dan cara membuat domain anti mainstream berikut ini!

Cara Mengecek Domain Website Tersedia

Bagaimana cara mengecek domain website tersedia? Sebelum memutuskan untuk membuat website, tentu Anda telah menyiapkan domain website yang sesuai. Namun apa jadinya bila ternyata domain yang Anda inginkan telah ada dan digunakan oleh orang lain. Artinya, domain yang Anda inginkan tidak tersedia. Nah, bagaimana cara mengetahui apakah domain tersedia atau tidak? Berikut caranya.

  1. Masukkan domain yang Anda inginkan pada mesin pengecekan domain. Anda dapat menggunakan berbagai tools online seperti builtwith.com, developer.google.com, who.is, popuri.us, modern.ie, semrush.com, whoishostingthis.com, just-ping.com, atau myip.ms.
  2. Tunggu dan biarkan tool bekerja dan akan menampilkan ketersediaan domain.
  3. Bila domain telah dipakai oleh orang lain, maka artinya domain yang Anda inginkan tidak tersedia. Bila domain belum dipakai oleh orang lain, maka artinya domain yang Anda inginkan tersedia.
  4. Anda dapat langsung membeli domain yang tersedia. Domain yang sudah digunakan oleh orang lain tidak dapat dibeli secara langsung.
  5. Anda dapat menghubungi pemilik website dengan domain tersebut untuk menanyakan apakah website tersebut dijual. Anda dapat membelinya bila pemilik berkehendak untuk menjual website dengan domain tersebut.
  6. Bila Anda ingin menjadi kompetetitor dari domain yang ada, maka Anda dapat mempelajari informasi lanjutan dari domain-domain tersebut. Informasi yang dapat Anda dapatkan yaitu meliputi teknologi yang digunakan (apakah menggunakan wordpress, drupal, joomla, codeigniter, dan sebagainya), kecepatan akses website dengan domain tersebut, alamat dan kontak (nomor telepon, email, sosial media, dan lainnya) pemilik website, kompatibilitas browser, hingga hosting yang digunakan.

Cara membuat Domain Website Anti Mainstream

Cara mengecek domain dapat Anda manfaatkan untuk membuat domain website yang anti mainstream. Domain website yang anti mainstream adalah domain yang berbedan dan unik dari pada domain-domain yang telah digunakan. Keuntungan memiliki website dengan domain yang anti mainstream yaitu dapat dengan mudah diingat oleh pengunjung. Dengan begitu, pengunjung akan mengunjungi website Anda kembali. Nah, bagaimana cara membuat domain website yang anti mainstream?

  1. Tentukan tujuan Anda membuat website. Misalnya menyajikan informasi tentang kesehatan, kecantikan, parenting, teknologi, DIY, akademik, atau lainnya. Penentuan tujuan ini sangat bermanfaat untuk menentukan domain website yang akan Anda buat. Domain website yang baik akan mencerminkan konten-konten yang disajikan. misalnya tujuan menyajikan informasi kesehatan, maka konten-konten yang disajikan seputar tips kesehatan. Untuk itu, domain website hendaknya juga mencerminkan isinya.
  2. Buatlah daftar domain yang ingin Anda gunakan. Setidaknya Anda memiliki 20 nama untuk domain website Anda. Lebih banyak akan lebih baik karena dapat Anda jadikan cadangan ketika domain tidak tersedia.
  3. Cek daftar nama yang telah Anda buat dengan langkah-langkah mengecek domain tersedia yang telah dijelaskan di atas. Pilih satu dari domain yang tersedia.
  4. Anda dapat mempelajari beberapa website kompetitor yang telah ada untuk membangun website yang akan Anda buat. Anda dapat mengetahui berbagai informasi website kompetitor. Cara mengetahui informasi website kompetitor sama dengan langkah-langkah cek domain tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *