Mengintegrasikan Komentar Facebook Dengan WordPress

Posted on

Permasalahan utama kenapa orang enggan menggunakan kolom komentar Facebook adalah karena komentar Facebook tidak terhubung dengan dashboard WordPress, sehingga ketika ada komentar Facebook baru yang muncul, kita tidak bisa mengeceknya melalui dashboard WordPress. Selain itu komentar baru dari Facebook juga tidak dapat dimunculkan pada widget recent comment alias widget komentar terbaru.

Karena masalah itu banyak menggunakan alternatif dengan menggunakan 2 kolom komentar bersamaan, yaitu kolom komentar Facebook sekaligus kolom komentar WordPress. Sayangnya hal ini justru membuat pembaca menjadi bingung dimana harus berkomentar terutama ketika ada diskusi intens antar komentator, selain itu tampilan blog juga tentunya menjadi tidak cantik.

Untuk mengatasi masalah tersebut maka kita bisa menggunakan plugin WordPress yang memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan komentar Facebook dengan komentar WordPress, salah satu plugin tersebut yang menurut saya paling baik adalah plugin Facebook Comments by Fat Panda.

Plugin ini bekerja dengan menghilangkan kolom komentar WordPress dan menggantinya dengan kolom komentar Facebook sebagai komentar utama. Nantinya semua komentar yang masuk akan otomatis disimpan dalam database WordPress sehingga mengoptimalkan SEO dan notifikasinya dapat dimunculkan di widget. Selain itu karena disimpan di database maka kita bisa menggunakan database tersebut sebagai backup apabila nantinya ada pergantian domain.

Keuntungan lain selain yang bisa diberikan plugin ini adalah kemudahan dalam mengelola dan memoderasi komentar Facebook tanpa perlu repot melakukan settingan open graph, namun sama seperti yang lain, moderasi yang diperbolehkan hanya menyembunyikan komentar agar tidak ditampilkan pada publik. Moderator tidak punya hak mengedit atau menghapus komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *