Mengubah Tampilan Blog WordPress Tanpa Mengedit Tema Asli

Posted on

Bagi anda yang ingin mengubah tampilan blog WordPress, kini ada alternatif lain selain mengedit dan mengutak-atik langsung tema WordPress yang anda pakai. Alternatif tersebut adalah dengan mengedit CSS melalui plugin Jetpack.

Ya, sejak versi 1.7 Jetpack memiliki fitur yang berguna agar pengguna WordPress self hosting bisa mengedit tampilan blognya tanpa harus mengubah kode dari tema asli. Plugin ini berkerja dengan mengganti CSS asli dari tema WordPress untuk kemudian menampilkan CSS dari Jetpack.

Apa saja keuntungan melakukan editing CSS melalui plugin Jetpack ini?

  1. Karena CSS bisa diubah tampa mengubah tema maka tampilan tema asli (original) bisa dikembalikan sewaktu-waktu, hal ini sangat berguna bagi yang belum ahli dalam CSS sehingga ketika salah melakukan koding maka tema bisa dikembalikan dengan mudah.
  2. Karena CSS tema atau template tidak diubah secara keseluruhan maka bagi pengguna Worpress multisite bisa mengubah tampilan satu sub blog dengan sub blog yang lain tanpa saling mempengaruhi.
  3. Load CSS Jetpack ditampilkan setelah load template sehingga tidak terasa berat ketika digunakan.

Ada keuntungan, ternyata ada juga kerugiannya, nah berikut adalah kerugian jika melakukan editing CSS dengan Jetpack:

  1. Karena kode yang ditambahkan menjadi lebih banyak maka biar bagaimanapun hal ini akan tetep membuat blog menjadi lebih berat dan memerlukan waktu load yang lebih lama, sekalipun hal ini sudah bisa diminimalisir (bukan dihilangkan) dengan meload CSS Jetpack setelah load tema atau template.
  2. Settingan kode Jetpack disimpan pada database, hal ini akan membuat database menjadi membangkak, dan tentu saja membuat space hosting menjadi berkurang.
  3. Karena CSS disimpan di database maka saat query permintaan untuk mengakses database lebih banyak sehingga akan memberatkan server dan kemungkinan besar akan membuat server menjadi down saat trafik blog kita tinggi.

Sekarang pilihan anda, apa mau mencoba fitur baru dari Jetpack ini? Kalau saya lebih memilih untuk tidak mengubah tampilan, selain karena memang kurang paham kode CSS juga karena saya sudah cukup puas dengan tampilan blog yang sederhana ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *