Seberapa Penting Melakukan Update Postingan Pada Blog?

Posted on

Banyak yang mengatakan bahwa agar blog bisa tetap bertahan dan eksis di dunia internet maka blog tersebt harus rutin melakukan update artikel baru, paling tidak seminggu sekali. Benarkah dugaan tersebut? Ternyata setelah saya memperhatikan bagaimana bagaimana pergerakan beberapa blog saya di SERP Google, Alexa, dan Google Analytic saya berkesimpulan bahwa dugaan tersebut bisa benar bisa juga salah tergantung pada siapa yang menilainya.

Bagi Google

Google secara resmi telah mengakui bahwa update artikel blog secara rutin tidak berpengaruh terhadap posisi blog pada hasil pencarian Google (SERP), hal ini karena pencarian yang dilakukan oleh Google berfokus pada kualitas konten sehingga sekalipun blog tersebut jarang diupdate namun ketika artikel tersebut sesuai dengan apa yang dicari oleh pembaca maka artikel tersebut akan tetap bertahan pada SERP.

Dalam video berikut perwakilan Google yaitu Matt Cutts malah menyarankan agar para blogger sebaliknya lebih mementingkan untuk mempersiapkan konten yang baik sekalipun dalam waktu lama, daripada memaksakan diri untuk melakukan update postingan namun kualitas artikelnya masih buruk.

Bagi Alexa

Tidak sama seperti Google, ternyata Alexa sangat peduli terhadap bagaimana sebuah blog rutin melakukan update terhadap postingannya, hal ini selain karena update blog memang dinilai oleh Alexa juga karena blog kita terus bersaing dengan blog-blog lain, yang ketika membuat banyak artikel akan memiliki kecinderungan page view yang lebih banyak. Walaupun demikian efek penurunan rangking Alexa akan baru terasa jika lama waktu untuk tidak mengupdate artikel memang lama. Pengalaman saya ketika pada blog DuniaIptek.com efek penurunan rangking baru terlihat setelah 2 bulan tidak terupdate.

Bagi Pembaca / Pengunjung Blog

Untuk pembaca, update blog tentu sangat berpengaruh bagi pengunjung, terutama pengunjung setia yang telah membookmark atau menghapal almat blog anda, karena dia akan berharap ketika membuka blog anda dia akan menemukan sebuah bacaan baru. Bayangkan ketika anda membuka Facebook dan yang anda lihat adalah wall yang sama tiap hari, tentu anda akan bosan dan bisa melupakan Facebook dan beralih pada situs lain.

Update blog menjadi sangat penting ketika blog anda tidak terlalu tergantung pada search engine dan lebih banyak mendapatkan trafik dari refering situs lain atau secara direct (langsung mengetik URL), misalnya pada blog yang membahas cerita humor, membahas tentang artis, atau hal lain yang topiknya musiman. Hal yang berbeda akan terjadi jika blog anda lebih banyak membahas materi pelajaran dan memiliki kata kunci abadi sehingga dia akan memiliki banyak trafik dari Google, blog tipikal ini tentunya kurang memiliki pembaca setia karena ketika pengunjung telah menemukan artikel yang mereka cari mereka tidak akan terus memantau blog anda untuk menemukan artikel baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *